Tiga Golongan Manusia Pada Hari Kiamat 1.Golongan Orang yang Beriman Paling dahulu adalah orang-orang yang didekatkan dengan Allah 2.Golongan Kanan alangkah mulianya golongan ini 3.Golongan Kiri alangkah sengsaranya golongan ini! QS:Al-Waqi'ah

Jumat, 14 Juni 2013

Waspadai Iklan Investasi Abal-abal

PLASADANA.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta media massa yang bekerja sama dengan perusahaan investasi agar berhati-hati mempromosikan produk dari lembaga investasi yang menawarkan imbal hasil sangattinggi.
Anggota Dewan Komisioner OJK Kusumaningtuti Soetiono mengatakan, posisi media sangat strategis dalam mempengaruhi masyarakat. Karena itu, penting bagi media massa untuk menyaring lembaga investasi yang menawarkan produk secara rasional serta yang memiliki resiko tinggi.
"Produk dengan imbal hasil yang menarik itu kan sering ada di majalah-majalah bagus, dan ada juga di koran serta malah ada di TV," ujar Kusumaningtuti di Jakarta, Selasa (11/6).
Dikatakan Kusumaningtuti, peran serta media massa dalam menerapkan prinsip kehati-hatian sebelum informasi produk investasi disampaikan kepada konsumen sangat penting. Sehingga, informasi yang disampaikan tidak mudah mengecoh masyarakat akibat berbagai penawaran yang ada.
"Masyarakat juga harus berhati-hati. Coba dipikir-pikir dulu kalau penawarannya mendapatkan imbal hasil tinggi. Ini harusnya sudah gejala mengecohkan konsumen keuangan atau investor," ungkap Kusumaningtuti.
Di sisi lain, lanjut Kusumaningtuti, OJK selaku otoritas yang bertugas melakukan pengawasan terhadap lembaga jasa keuangan terus berupaya meningkatkan pengawasan. Tujuannya agar masyarakat teredukasi serta terhindar dari adanya investasi bodong.
Saat ini, akunya, OJK tengah menyusun sebuah peraturan tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan yang berisi tentang hal-hal yang harus dipatuhi oleh lembaga jasa keuangan dalam menjalankan bisnisnya.
"Di dalamnya akan ada sanksi administratif kepada lembaga jasa keuangan jika melanggarnya," tandas Kusumaningtuti.
Penulis: Heru Budhiarto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar