Tiga Golongan Manusia Pada Hari Kiamat 1.Golongan Orang yang Beriman Paling dahulu adalah orang-orang yang didekatkan dengan Allah 2.Golongan Kanan alangkah mulianya golongan ini 3.Golongan Kiri alangkah sengsaranya golongan ini! QS:Al-Waqi'ah

Rabu, 23 Oktober 2013

Dhaup Ageng GKR Hayu dan KPH Notonegoro

Roh Halus Ikut Rayakan Pernikahan Agung Kraton Yogyakarta
Laporan reporter Tribun Jogja, Niti Bayu Indrakrista
Siraman GKR Hayu-KPH Notonegoro Gunakan Air dari Tujuh Sumber
TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Pesta Rakyat pernikahan putri Sri Sultan Hamengku Buwono X yang diadakan di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949, Yogyakarta, Selasa (22/10/2013) malam, diramaikan pentas kesenian tradisional Nini Thowong.
Kesenian yang berasal dari Bantul tersebut, berupa memasukkan roh halus ke dalam sebuah boneka berukuran manusia dewasa, sehingga boneka itu dapat bergerak sendiri.
Menurut pembina Kelompok Sabda Budaya yang mementaskan Nini Thowong, Kadilan, kesenian itu awalnya merupakan permainan tradisional.
Kepada Tribunjogja.com, Kadilan mengatakan boneka yang dipakai itu diisi roh yang dia kenal bernama Den Nganten Juriah.
"Saya tidak tahu siapa Juriah dulu, yang jelas dia sudah lama hidup di pohon keramat dekat rumah saya," katanya.
Menurut Ngadilan, sebenarnya dalam pementasan Nini Thowong arwah pengisi boneka bisa diajak berkomunikasi. Sayang karena durasi yang tidak mencukupi, roh Den Nganten Juriah tak sempat diwawancara.
Pesta Rakyat Dhaup Ageng GKR Hayu dan KPH Notonegoro dihadiri ratusan masyarakat Yogyakarta. Para penonton duduk bersila di sekitar pelataran monumen, menghadap panggung yang terletak di depan monumen.

Baca yang lain:


2 komentar:

  1. Manusia main-main dengan makhluk halus atau senisnya, bagaimana dengan pedoman Al-Quran
    ada yang bisa sharing

    BalasHapus
  2. Pedoman Al-Quran: lihat 49/1, 51/56 Jin diciptakan Allah dari api , 72/11 Jin ada yang muslim dan ada yang kafir, 18/50 Iblis dari golongan jin durhaka kepada Allah, 7/27 Jin bisa melihat manusia tetapi manusia tidak bisa melihat jin, 6/112 Musuh manusia adalah setan-syetany dari golongan manusia dan jin, 72/6 Sekelompok laki-laki dari manusia meminta pertolongan kepadasekelompok laki-2 dari jin maka mereka akan bertambah kafirnya, 6/82 Orang yang beriman kepada Allah tidak mencampuri kemusyirikan itulah orang yang mendapat petunjuk dan mereka akan selamat, 2/102 Tukang sihir tidakbisa memberi manfaat kecuali dengan izin Allah, 7/200 Berlindung hanya kepada Allah jika diganggu syetan, 34/14 Jin dan kaumnya tidak mengetahui yang ghaib, 6/59 Yang mengetahu yang ghaib hanyalah Allah, 7/188 Muhammad tidak mengetahui tentang ghaib.

    BalasHapus