Tiga Golongan Manusia Pada Hari Kiamat 1.Golongan Orang yang Beriman Paling dahulu adalah orang-orang yang didekatkan dengan Allah 2.Golongan Kanan alangkah mulianya golongan ini 3.Golongan Kiri alangkah sengsaranya golongan ini! QS:Al-Waqi'ah

Rabu, 01 Mei 2013

Siksa Kubur

Adakah Siksa Kubur...?
Banyak sekali cerita tentang keadaan di dalam kubur, 
Ada yang mengatakan bahwa mayat dihidupkan kembali lalu didatangi oleh malaikat dengan penyiksaan terhadap kafir dan memberikan harapan pada mukmin.
Ada pula yang mengatakan bawa yang ditanyai itu adalah roh orang yang mati, maka yang kafir disiksa oleh malaekat dengan berbagai cara sedangkan yang mukmin dperlihatkan gambaran surga
Tetapi semua itu adalah cerita tradisional yang kini bertebaran di antara masyarakat muslim, disamping tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam sejarah yang berlaku, juga tidak pernah tercantum dalam Al-Quran.
Bagaimana pula orang yang telah menjadi mayat dalam keadaan membusuk itu dapat ditanyai, padahal untuk mendengar dan menjawab suatu pertanyaan dibutuhkan kesadaran dan kesadaran itu didapat dari adanya tubuh dan roh. Sedangkan orang yang sedang tidur tidak lagi memiliki kesadaran apalagi orang yang telah menjadi mayat. Kalau benarlah mayat dalam kubur ditanyai malaekat maka banyak sekali hukum Allah yang telah dilanggarnya antara lain:

    Kehidupan dua kali itu berlaku didunia ini dan di akhirat nanti. Jika orang
    ditanyai dalam kubur berarti orang itu hidup maka keadaan itu
    bertentangan dengan Al-Quran. Link: 39/42, 76/1 
@ Al-Quran Menyatakan bahwa makhluk yang tertinggi adalah manusia,
    betapa caranya malaekat dapat menanyai manusia itu apalagi dalam
    keadaan mati
Kalau dikatakan orang yang mati itu ditanyai rohnya oleh malaikat maka 
    ini lebih kacau lagi, karena roh itu tidak berpikiran dan tidak sanggup
    menjawab pertanyaan, sedangkan roh adalah wujud gaib yang
    hanya diketahui oleh Allah sendiri. Betapa pula malaekat yang tidak tahu
    kegaiban itu dapat menanyai wujud gaib
Kalau benarlah mayat seseorang ditanyai oleh malaekat, maka hal itu
    berarti bahwa Allah tidak mengetahui gerak tindak manusia itu ketika
    hidupnya, padahal semuanya berlaku ketentuan terdahulu dari Allah

Kini kita periksa kenapa timbul berbagai cerita dalam kalangan muslim, tentang keadaan dalam kubur itu?. Ajaran Islam yang disampaikan Muhammad di bumi ini telah didahului oleh berbagai ajaran hidup yang umumnya tidak berdasarkan wahyu Allah. Penganut agama-agama itu kemudian memeluk Islam tetapi mereka tetap juga mengingat soal-soal gaib dengan aliran fikiran ajaran agama yang telah ditinggalkan, bukan itu saja malah juga berbagai pekerjaan dan upacara yang mereka pusakai. Di samping itu ada lagi kemungkinan lain, yaitu tanggapan keliru atas ayat Al-Quran seperti misalnya atas ayat: 

QS An-Nahl 16/27
Kemudian di Hari Kiamat DIA hinakan mereka dan berfirman: "Dimana serikat-KU yang kamu berpihak padanya dulu?". Berkata orang-orang yang diberi ilmu: "Bahwa kehinaan dan kejahatan hari ini atas orang-orang kafir”. 

QS An-Nahl 16/28
Orang-orang yang diwafatkan (dipindahkan) Malaikat, karena menzalimi diri mereka sendiri, melakukan penyerahan (aslama): ”Tidaklah kami melakukan dari kejahatan, ketahuilah bahwa Allah mengetahui dengan apa yang kamu lakukan”.

QS An-Nahl 16/29
Masukilah pintu-pintu Jahannam kekal di dalamnya. Sangat jahat tempat tinggal orang-orang sombong itu. 

QS An-Nahl 16/32
Orang-orang yang diwafatkan Malaikat selaku orang-orang baik, dikatakan: ”Salaamun alaikum” (keselamatan atasmu). Masukilah Surga itu karena yang telah kamu lakukan. 

QS An-'Am 6/93
Dan siapakah yang lebih zalim dari orang-orang yang mengadakan kedustaan atas Allah atau yang mengatakan: ”Telah diwahyukan kepadaku", padahal tidak diwahyukan kepadanya sesuatupun. Begitu pula orang yang mengatakan: ”Akan aku turunkan yang semisal dengan apa yang Allah turunkan”. Kalau kamu lihatlah ketika orang-orang zalim itu bangkit dari mati (ghomarotil maut), Malaikat mengulurkan tangannya (sambil berkata): ”Keluarkanlah dirimu (anfusmu). Hari ini kamu dibalas dengan siksaan hina tersebab apa yang kamu katakan dulu atas Allah tanpa hak dan kamu menyombongkan diri tentang Ayat-Ayat-NYA.

Semua Ayat Suci diatas menggambarkan kejadian yang akan berlaku di akherat nanti waktu semua diri dihidupkan kembali untuk menerima pembalasan dari nilai hidup ini. Orang-orang zalim dipindahkan malaekat ke tempat tertentu di neraka dimana mereka akan disiksa untuk selamanya. Dan Orang-orang muslim dipindahkan ke tempat tertentu di surga sesuai dengan yang  dimaksudkan oleh ayat: 39/71, 72, 73. Tetapi selama ini orang mengartikan maksud ayat-ayat itu sebagai gambaran kejadian sewaktu orang akan menemui kematian pada kehidupan kini.

Pada umumnya orang menterjemahkan istilah "ghomarotul maut" dengan "pingsan menjelang maut" sama saja dengan terjemahan "sakaratulmaut" pada ayat 50/19. Padahal arti ghomarotul maut adalah bangun dari mati di akherat nanti ternyata dengan siksaan langsung  diberikan kepada orang-orang zalim. Semua ayat suci tersebut memperlihatkan tugas malaekat yang oleh kebanyakan orang diperkirakan berlaku dalam kubur karenanya timbullah kepercayaan tentang adanya  siksa kubur. Kepercayaan itu telah berlaku semenjak dulunya selaku tanggapan keliru atas wahyu yang disampaikan Rasul-rassul, maka untuk menghindarkan langsung siksaan kubur demikian, orang langsung membakar mayat familinya agar tidak disiksa oleh malaekat.

Akhirnya terjawablah bahwa siksa dalam kubur tidak pernah berlaku dan Allah tidak akan menyiksa mayat, dalam kubur mayat tidak dihidupkan karena hidup adalah dua kali, kini dan nanti di akherat. Adanya kepercayaan tentang malaekat menanyai mayat di dalam kubur ditimbulkan oleh kesalahan pengertian. Al-Quran tidak pernah menyatakan siksaan kubur, tetapi sering sekali memberikan keterangan adanya siksaan didunia kini dan di akherat nanti yaitu dikala manusia dalam keadaan  hidup dan sadar. Dari itu kita dengarlah orang mendo'a sesuai dengan ajaran Al-Quran "Wahai Tuhankami, datangkanlah pada kami kebaikan didunia ini dan kebaikan di Akherat nanti dan selamatkanlah kami dari siksaan neraka"

link: adakah siksa kubur..oleh Wedul Sherenian? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar